Apa itu IoT dan Apa Manfaatnya untuk Bisnis

2 min read

 Apa itu IoT dan Apa Manfaatnya untuk Bisnis


Daftar isi

Apa itu IoT

Manfaat IoT Untuk Bisnis

IoT Menghemat Biaya Operasional

IoT Maksimalkan Produktivitas

IoT dan Kepuasan Pelanggan

Apa itu Platform Open Source IoT?

 


Teknologi-Apa itu IoT? Pada tingkat konsep, IoT adalah ekosistem di mana benda-benda fisik terhubung ke jaringan melalui Internet. Benda-benda ini dapat berkomunikasi dengan jaringan resmi untuk memudahkan hidup kita.


Mereka akan memfasilitasi pertukaran informasi dan mengarah pada tindakan yang memerlukan intervensi manual seperti sekarang.


Misalnya, gerbang otomatis ketika anda pulang kerumah dan kelistrikan yang otomatis menyala ketika anda sudah berada dirumah. Kemungkinan-kemungkinan ini menandakan pergeseran menuju dunia di mana teknologi akan menentukan bagaimana kita hidup.


Apa itu IoT

Internet & marketplace, saat ini sudah merubah fungsi bisnis saat ini. Mereka sudah memulainya dari dua dekade yang lalu. Kita telah pindah dari era di mana usaha kecil atau pemula sudah mampu menembus pasar serta menantang pemain yang sudah mapan semua berkat teknologi.


IoT adalah titik balik baru di dunia digital. IoT dapat mengantarkan era baru bagi pertumbuhan & profitabilitas bagi bisnis yang berniche teknologi.


Manfaat IoT Untuk Bisnis

Berikut ini adalah beberapa mafaat IoT untuk bisnis, sebagai berikut :


IoT Menghemat Biaya Operasional

Jalan menuju profitabilitas adalah dengan memangkas biaya operasi untuk bisnis apa pun. Di sinilah IoT akan membantu bisnis. Misalnya di unit manufaktur IoT akan dapat meningkatkan proses kontrol kualitas sehingga mengurangi hambatan, itu dapat memprediksi kegagalan peralatan di jalur produksi.


Dengan IoT, bisnis akan dapat mengurangi biaya energi dengan solusi pencahayaan yang lebih cerdas. Ini dapat merampingkan rantai pasokan dan logistik dari bisnis untuk memberi mereka keuntungan biaya.


Spot Tren Pasar-Dalam pasar yang kompetitif, penting bagi bisnis untuk memahami perilaku konsumen dan mengenali tren yang muncul di pasar.


Dengan perangkat yang berkomunikasi dengan lancar, bisnis akan dapat menghasilkan data dan menganalisisnya secara real-time. Sinyal pada tren dan kebutuhan yang muncul di pasar dapat dengan mudah dikumpulkan dari media sosial, cctv, dan sumber lainnya. Ini akan memungkinkan bisnis untuk membangun keunggulan kompetitif.




IoT Maksimalkan Produktivitas

Ketika produsen tahu produk mana yang diminati, dari mana datangnya permintaan dan apa tingkat persaingannya, mereka dapat memaksimalkan produktivitas tim mereka. Di sinilah IoT bertindak sebagai game-changer.


Berbekal data dari pengadaan bahan baku hingga berbagai tahap pembuatan, pengiriman, dan pengiriman, bisnis yang telah merangkul IoT mampu meningkatkan produktivitasnya.


IoT dan Kepuasan Pelanggan

Bisnis selalu berupaya meningkatkan kepuasan pelanggan dan di sinilah IoT dapat menjadi salah satu alat terbaik untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.


Dengan lusinan perangkat yang mengumpulkan data, bisnis akan dapat mengidentifikasi ketidakpuasan di antara para pelanggan mereka dan mengambil langkah proaktif alih-alih menjadi reaktif seperti yang ada di dunia saat ini.


Apa itu Platform Open Source IoT?

Pengembangan dan inovasi dengan ekosistem IoT telah menerima dorongan besar dengan munculnya beberapa platform IoT open-source. Ini memungkinkan produsen untuk bekerja pada perangkat dan gadget yang dapat dengan mudah berkomunikasi menggunakan Internet.


Platform sumber terbuka ini memungkinkan pengembang untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan dengan IoT mulai dari pengumpulan data hingga pemrosesan data, visualisasi, dan manajemen perangkat pintar.


Pengembang dapat menghubungkan perangkat menggunakan beberapa protokol IoT paling aman untuk mencegah serangan cyber dan pencurian data.


Post a Comment