China Bikin Teknologi Canggih INOVASI Massa Depan yang Kini Mendunia

2 min read

 China Bikin Teknologi Canggih INOVASI Massa Depan yang Kini Mendunia


Cina merupakan Negara yang dikenal dengan negeri sejuta inovasi, termasuk dalam hal teknologi. Banyak temuan dan inovasi baru yang dikembangkan Cina untuk masa depan.



Awdev.eu.org, News Internasional - Bos sejumlah raksasa teknologi yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS), curhat soal persaingan dengan China. Salah satunya juga menyinggung chatbot yang tengah viral, ChatGPT.

Curhatan itu disampaikan pada delegasi parlemen anggota Komite Seleksi DPR mengenai persaingan strategis antara AS dan partai komunis China. Mereka bertemu dengan CEO Disney Bob Iger, CEO Apple Tim Cook, serta eksekutif dari Google hingga Microsoft, dan membawa berbagai topik dalam pertemuan tersebut.


Bos induk Facebook, Meta dan induk Google, Alphabet mengancam pemutusan hubungan kerja alias PHK pegawai berkinerja buruk. Kini giliran pendiri raksasa teknologi Cina, JD.Com dan Tencent.


Pendiri sekaligus Kepala Eksekutif Tencent Holdings Ma Huateng atau Pony Ma menggelar town hall meeting tiga pekan lalu. Ia mengatakan, perusahaan akan berfokus pada bisnis inti tahun ini.

“Video pendek adalah kunci masa depan,” kata Pony Ma dalam pidatonya dikutip dari media Cina Jiemian, dilansir oleh SCMP.



Presiden Microsoft, Brad Smith, memperingatkan soal celah sempit pengembangan AI generatif antara AS dan China. Teknologi tersebut diketahui telah dipopulerkan oleh sejumlah tools termasuk ChatGPT.


Saat bertemu dengan Iger, seorang sumber menjelaskan ada obrolan terkait sensor konten kreatif. Para eksekutif menjelaskan harus melakukan sensor mandiri untuk memastikan film yang ditayangkan tidak menyinggung pemerintah China.


Ro Khanna, anggota Komite yang mewakili Silicon Valley, mengatakan cukup senang rekan-rekannya mengunjungi daerah yang dia wakili. Silicon Valley diketahui sebagai rumah bagi banyak perusahaan teknologi dunia.


"Teknologi mendefinisikan banyak bidang mulai dari ekonomi hingga keamanan nasional hingga masalah kewarganegaraan kita. Dan kita butuh orang-orang untuk terlibat di dalamnya, setidaknya untuk paham soal hal tersebut," jelasnya, dikutip dari CNBC Internasional, Senin (10/4/2023).


Para anggota parlemen dijadwalkan akan bertemu dengan para pemodal ventura pada hari Kamis setempat. Termasuk bertemu dengan Andreessen Horowitz, Khosla Ventures, dan SV Angel.


Khanna mengharapkan pertemuan itu bisa membahas cara pemerintah bisa berkolaborasi dengan sektor swasta. Tujuannya agar bisa selangkah lebih depan dari China untuk bidang utama teknologi baru.


Pada hari Jumat, mereka akan bertemu ahli dari Stanford membahas cryptocurrency. Diakhiri dengan bertemu Cook di markas Apple di kawasan Cupertino.


Pertemuan dengan Cook dan bos perusahaan lain diharapkan bisa membicarakan soal masalah rantai pasokan China. Selain itu juga terkait diversifikasi produksi untuk luar China.



China Luncurkan Sistem Operasi OpenKylin


Selain itu China telah meluncurkan sistem operasi desktop open-source pertamanya yang dibuat sendiri bernama OpenKylin, seperti yang dilaporkan oleh media pemerintah.


Langkah ini dilakukan oleh negara tersebut dalam upaya untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi Amerika Serikat.


OpenKylin, yang dirilis pada hari Rabu, didasarkan pada sistem operasi Linux open-source yang sudah ada.


Versi China dibangun oleh sekitar 4.000 pengembang dari komunitas dan telah digunakan dalam program-program luar angkasa serta industri-industri seperti keuangan dan energi.


Menurut laporan industri yang dikutip oleh media pemerintah, pasar sistem operasi di China bernilai 15,5 miliar yuan atau 32,3 triliun tahun lalu.


Banyak perusahaan dan organisasi yang berkontribusi pada pengembangan OpenKylin.


Salah satu pendukung utama adalah Tim Tanggap Darurat Siber Sistem Kontrol Industri China yang berada di bawah naungan Kementerian Industri dan Teknologi Informasi.


Lebih dari selusin perusahaan China sedang mencoba mengembangkan sistem operasi yang dapat menggantikan Microsoft Windows dan Apple MacOS.


Post a Comment