Firebase: Definisi dan Solusi untuk Pengembangan Aplikasi Terintegrasi

3 min read

Firebase: Definisi dan Solusi untuk Pengembangan Aplikasi Terintegrasi

Firebase tentunya menjadi sebuah komponen yang tidak asing lagi bagi seorang programmer atau ahli computer. Namun, bagi orang yang baru saja mendalami dunia computer tentu harus memahami mengenai firebase, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, dan lain – lain yang akan dibahas pada artikel ini untuk memudahkan Anda dalam memahami tentang firebase tersebut. Oleh sebab itu, mari pelajari artikel ini lebih dalam dan pahami setiap pointnya agar Anda semakin ahli dalam mengoperasikan computer terutama pada komponen firebase tersebut. Langsung saja, mengenai point – point berikut akan diuraikan di bawah ini:

Apa itu Firebase?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui seputar firebase adalah pengertiannya. Firebase adalah sebuah layanan terbitan dari google yang memudahkan seseorang untuk mengembangkan sebuah aplikasi, baik berbasis web maupun mobile. Firebase ini memiliki komponen yang mampu mengatur database, authentication, hosting, API dan sejenisnya.

firebase

Fungsi Firebase

Adapun fungsi – fungsi yang dimiliki oleh firebase atau bahan baku sebuah aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:
Membuat Aplikasi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya fungsi firebase adalah membuat aplikasi. Dimana, tools yang ada di firebase dapat memberikan komponen bagi calon aplikasi yang akan dikembangkan, baik dalam versi web maupun mobile. Oleh sebab itu, Anda harus memahami komponen firebase apabila hendak membuat sebuah aplikasi. Meningkatkan Kualitas dan Mengembangkan Aplikasi Tidak hanya dalam pembuatan dasar aplikasi, bagi Anda yang ingin update aplikasi tersebut atau ditugaskan dalam melakukan pengembangan aplikasi wajib sekali memahami firebase. Karena, firebase hampir menjadi komponen dasar atau bahan baku pembuatan software aplikasi.
Mengembangkan Bisnis Anda
Jika Anda memahami firebase dengan baik, tentu saja Anda dapat mengembangkan bisnis menjadi lebih baik. Terutama bisnis di bidang software atau perangkat lunak. Maka sangat dijamin, Anda dapat memberikan pembaharuan – pembaharuan terhadap sebuah perangkat lunak yang menjadi tema bisnis Anda tersebut.

Jenis Firebase

Setelah memahami fungsi dari firebase yang ternyata cukup banyak, maka hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis – jenis dari komponen pembentuk software tersebut. Adapun jenis – jenis dari firebase yang harus Anda ketahui agar dapat mendirikan sebuah aplikasi yang nyaman dan aman adalah sebagai berikut:
Cloud Messaging
Jenis pertama dari firebase adalah cloud messaging. Dimana, cloud messaging tersebut adalah firebase yang bergerak di bidang pengiriman pesan. Pesan tersebut tentu saja dapat dioperasikan melalui bantuan android, ios, ataupun berbasis web. Anda juga mendapat kelebihan khusus dimana dapat menyesuaikan waktu pengiriman pesan.
Firebase Analytics
Jenis selanjutnya dari firebase adalah firebase analytics. Dimana, firebase ini bertugas dalam mendapatkan hasil analisis dan report bagi aplikasi yang berbasis Anroid maupun IOS. Adapun data – data analisis yang didapatkan sangat variative, dimulai dari data error, notifikasi, akuisisi, efektivitas, hingga pembelian sebuah aplikasi.
Cloud Firestore
Setelah cloud messaging, terdapat cloud firestore yang memiliki fungsi dalam penyimpanan, penyinkronisasian, dan pembuatan data query aplikasi. Firebase ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku sebuah e-commerce yang membutuhkan server luas dan penyimpanan data sangat besar.
Firebase Authentication
Firebase Authentication merupakan firebase yang kita kenal dengan sebutan UI. Dimana, fitur tersebut digunakan untuk mengautentikasiakn data melalui media sosial atau google. Layanan firebase UI ini sangatlah aman sebab terdapat fitur smartlock yang siap memberikan kenyamanan Anda dalam menyimpan kata sandia tau informasi pribadi.
Remote Config
Jenis firebase selanjutnya adalah remote config, dimana jenis ini dapat melakukan pembaharuan atau optimasi terhadap sebuah aplikasi agar pengguna semakin nyaman. Bagi Anda yang hendak melakukan pengembangan aplikasi sangat cocok memilih jenis firebase ini, sebab dibuat khusus untuk para pengembang aplikasi.
Realtime Database
Firebase Bernama realtime database adalah jenis firebase yang asli dan disimpan dalam bentuk data dan disinkronisasikan pengguna aplikasi secara realtime. Dimana, proses sinkronisasinya dapat dilakukan baik secara offline maupun online dan berlaku di Android serta IOS. Anda juga dapat mengetahui jam pengoperasiannya secara jelas sebab sifat dari firebase database tersebut adalah realtime.
Firebase Hosting
Jenis firebase selanjutnya adalah firebase hosting. Dimana, firebase hosting merupakan fitur hosting yang digunakan dalam pembentukan website. Fitur ini memiliki sebuah keunggulan dibandingkan firebase lainnya yaitu kecepatan dan kestabilan serta keamanannya dalam menampilkan sebuah konten pada aplikasi.
Firebase Crashlytics
Jenis firebase terakhirnya yang harus Anda ketahui adalah firebase crashlytics. Seperti Namanya, tentu saja fungsi dasar dari firebase ini adalah mendeteksi atau menganalisis file error pada sebuah aplikasi. Dimana fitur – fitur tersebut adalah Android, iOS, macOS, tvOS, dan watchOS yang dapat Anda sesuaikan dengan fitur yang Anda butuhkan pada saat pengoperasian firebase.

Cara menggunakan firebase

Cara Menggunakan Firebase Penggunaan firebase tentu saja cukup mudah bagi yang sudah memahaminya. Namun, basicnya firebase digunakan untuk membuat user aplikasi dapat memanfaatkan fitur pada sebuah aplikasi dengan baik. Data – data yang sudah diluncurkan tersebut selanjutnya dapat diakses lagi di kemudian waktu sebab telah tersimpan secara realtime. Data, ini tersinkroniasi secara online tetapi dapat disimpan pada local drive secara online maupun offline. Firebase ini juga dapat dioperasikan pada beberapa platform, baik android, ios maupun website. Anda dapat memilih platform yang sesuai dengan keinginan Anda dan kebutuhan Anda masing – masing. Kira – kira di platform manakah firebase Anda hendak dibangun pada sebuah aplikasi?

Kelebihan dan Kekurangan Firebase

Adapun kelebihan dan kekurangan dari firebase yang wajib Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Kelebihan Firebase

Firebase menjadi bahan baku untuk pembuatan aplikasi yang memiliki banyak jenis Setiap jenis dari firebase memiliki keunggulan masing – masing Memiliki tampilan yang sangat memudahkan pengguna dalam pengaksesannya Dokumentasi yang dihasilkan oleh firebase rapi dan mudah dipahami Tutorial dan sampel firebase bisa dipelajari dengan mudah

Kekurangan firebase

Membutuhkan pemahaman khusus sebab jenis banyak dengan kemampuan masing – masing Harus menggunakan berbagai jenis firebase pada satu aplikasi Layanan firebase yang gratis umumnya memiliki fitur terbatas Upgrade yang dibutuhkan berdifat berbayar Koneksi dan penyimpanan untuk firebase umumnya lebih sedikit Dari berbagai penjelasan di atas, tentu dapat disimpulkan bahwa firebase memiliki banyak kegunaan, jenis, kelebihan dan kekurangan masing – masing. Firebase menjadi komponen utuh bagi sebuah software atau aplikasi untuk dapat digunakan dengan baik oleh seorang pengguna aplikasi tersebut.

Kesimpulan

Kini melalui uraian – uraian di atas dan kesimpulan yang dihadirkan tentu saja membuat Anda semaki mengerti tentang firebase sehingga dapat menerapkannya sendiri. Lantas, apakah penjelasan di atas membuat Anda memiliki niat untuk mendirikan sebuah aplikasi? ^^ Yuk coba dirikan aplikasimu sendiri menggunakan firebase yang dibutuhkan!
Post a Comment