Pengertian Hacker : Jenis Serangan & Hacker Terkenal di Dunia

4 min read

 Pengertian Hacker : Jenis Serangan & Hacker Terkenal di Dunia


Daftar isi

Apa Itu Hacker ?

Sejarah Munculnya Hacker

Jenis-Jenis Hacker

White Hat Hacker

Black Hat

Grey Hat

Jenis Serangan Hacker

Malware

Drive-by Attack

XSS (Cross-site Scripting)

SQL Injection

DDoS

Hacker Terkenal di Dunia

Adrian Lamo

Jonathan James

Kevin Mitnick

Kesimpulan


Admin - Pastinya Anda sudah tidak asing mendengar istilah hacker, dimana rata rata masyarakat menilai bahwa hacker selalu dinilai negatif. Lalu, apa itu pengertian hacker, jenis dan lain sebagainya? Simak ulasannya sebagai berikut.


Perlu diketahui, Hacker sebenarnya adalah pekerjaan yang dimana mereka selalu melaksanakan analisa serta identifikasi kepada sebuah software atau perangkat lunak. Sehingga dengan begitu, mereka akan menemukan kelebihan atau kekurangannya yang bisa diberpaiki.


Apa Itu Hacker ?

Pengertian Hacker adalah seseorang atau tim yang biasanya menggunakan komputer, jaringan atau keterampilan yang lain untuk dapat mengatasi masalah teknis.


Istilah tersebut bisa dilihat dari siapa saja yang menggunakan kemampuan mereka untuk digunakan dalam mendapatkan akses yang tidak sah kedalam sistem atau suatu jaringan dengan niat melakukan kejahatan.


Mengapa demikian? Karena seorang peretas dapat mengambil, mencuri informasi yang untuk menyakiti orang-orang tertentu melalui pencurian identitas atau sistem.


Sejarah Munculnya Hacker

Diketahui bahwa hacker muncul pada tahun 1960-an. Dimana pada masa itu terdapat organisasi mahasiswa yang memilki nama Tech Model Rairoad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT).


Pada waktu itu, sekelompok mahasiwsa tersebut merupakan perintis untuk mengembangkan teknologi komputer.


Sampai pada akhirnya kegiatan peretas dimulai dan di waktu yang bersamaan kegiatan tersebut dianggap positif dan bermanfaat untuk orang lain.


Namun, semuanya berubah di tahun 1983, dimana pada masa itu, masyarakat mulai menggap bahwa hacker merupakan kegiatan negatif karena telah merugikan orang lain sampai memiliki sebutan yaitu Cracker.


Jenis-Jenis Hacker

pengertian hacker dan hacker terkenal di dunia 

Jenis-jenis & pengertian hacker

Pada dasarnya, hacker tidak selalu mempunyai niat yang jahat. Oleh karena itu, Ada beberapa jenis hacker yang perlu Anda ketahui, sebagai berikut.


White Hat Hacker

Jenis hacker pertama adalah White Hat hacker yang biasanya mereka adalah programmer, developer atau bahkan orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang teknologi tetapi tidak menyelewengkan skill kemampuan mereka.


Peretas white hat ini biasanya disebut juga sebagai ethical hacker yang selalu mengamankan sistem, mencari celah dengan tujuan untuk diperbaiki dan lain sebagainya.


Selain itu, mereka juga memiliki izin dari pemilik komputer, sehingga mereka bisa melakukan pengecekan sesuka hati mereka dan setelah itu melakukan perbaikan pada sistem tersebut.


Black Hat

Selanjutnya terdapat jenis hacker yang dikategorikan sebagai Black Hat. Hacker ini telah dikenal oleh masyarakat umum sebagai kriminal karena telah melakukan kegiatan ilegal.


Biasanya jenis hacker ini memiliki niat yang buruk karena mengakali sistem komputer orang lain secara ilegal.


Hal tersebut bisa saja melakukan tindakan untuk mencuri data, infomarsi atau bahkan memeras uang orang yang telah di hack sistemnya tersebut.



Orang-orang yang menjadi hacker blak hat ini, biasanya mendapatkan keuntungan dari uang dan menjadi terkenal dengan nama yang disembunyikan atau untuk kepentingan kriminal saja.


Grey Hat

Berikutnya terdapat jenis hacker yang bernama Grey Hat, ia adalah seorang hacker yang tidak memiliki niat jahat namun dalam proses tindakannya tidak secara legal atau tidak sah.


Misalnya terdapat hacker gray hat yang telah menemukan celah didalam sebuah website. Lalu setelah itu, hacker grey hat akan masuk kedalam celah tersebut.


kemudian melihat berbagai informasi tanpa mendapatkan izin terlebih dahulu dari si pemilik website.


Namun setelah melihat informasi tersebut. Hacker gray hat ini akan senantiasa memberi tahu informasi, bahwa terdapat celah yang bisa dimasuki oleh orang lain dengan cara yang mudah.


Walaupun hacker tersebut memiliki niat yang baik untuk memberi tahu informasi terdapat celah kepada si pemilik website.


Tetapi tetap saja hacker gray hat tersebut telah mengutak-atik sistem keamanan tanpa mendapatkan izin terlebih dahulu dari si pemilik website.


Jenis Serangan Hacker

Di bawah ini adalah beberapa jenis serangan hacker yang harus Anda ketahui, sebagai berikut.


Malware

Jenis serangan hacker yang pertama adalah malware. Malware merupakan jenis serangan yang dapat menerobos sistem dengan cara melintasi file, aplikasi atau bahkan tautan yang Anda buka.


Drive-by Attack

Serangan ini masih memiliki kaitannya dengan malware. Jadi, sebelum menyisipkan ke malware, hacker akan terlebih dahulu mencari situs yang tidak aman untuk dimasukan script berbahaya agar dapat memulai serangan.


XSS (Cross-site Scripting)

Pada jenis serangan hacker XSS ini memanfaatkan JavaScript dengan tujuan untuk memasukan sebuah skrip kepada sebuah website.


Dengan demikian, apabila ada pengguna yang ingin mengetik atau mencari informasi pribadi, maka data tersebut akan muncul secara otomatis disalin oleh hacker.



SQL Injection

Selanjutnya terdapat jenis serangan yang bernama SQL Injection, jenis serangan ini akan menyerang database sistem untuk mencuri informasi pribadi serta mengubah atau bahkan menyisipkan skrip yang berbahaya.


DDoS

Serangan DDoS ini mampu membuat banjir lalu lintas internet server atau sistem, sehingga tidak bisa diakses. Selain itu, serangan ini biasanya memerlukan banyak host atau juga bot.


Untuk itu, bagi Anda yang memiliki situs dengan CMS WordPress, silahkan baca tautan di bawah ini agar bisa aman dari serangan hacker.



Hacker Terkenal di Dunia

Sementara itu, sudah banyak sekali hacker yang terkenal dan populer di dunia. Penasaran? Simak sebagai berikut.


Adrian Lamo

Adrian Lamo merupakan seorang peretas yang di kategorikan sebagai grey hat hacker, artinya peretasan yang memang dilakukan sebagai kegiatan yang merugikan orang lain atau menguntungkan diri pribadi.


Pada waktu itu, Adrian lamo berhasil meretas banyak sistem di Perusahaan besar, misalnya seperti Yahoo, Microsoft, dan lain sebagainya.


Jonathan James

Di usianya yang masih 16 tahun, james sudah mencoba banyak hal. Salah satunya adalah melakukan kegiatan hacking di sistem sekolahnya.


Tidak cukup dengan kegiatan tersebut, jonathan james mencoba untuk membobol sistem keamanan lainnya yaitu departemen milik Amerika Serikat.


Selain itu, jonathan juga mampu membobol sistem pertahanan NASA dan berhasil mencuri software NASA. Sampai pada akhirnya NASA harus mematikan servernya selama tiga minggu dengan kerugian sampai dengan 600 juta rupiah.


Kevin Mitnick

Hacker terkenal di dunia selanjutnya ada Kevin Mitnick yang merupakan penjahat sistem komputer dan tertangkap setelah menghindari pihak kepolisian selama 2 tahun.


Ya, Kevin Mitnick di tangkap pada tahun 1993 karena telah meretas jaringan 40 Perusahaan terkenal dan menjalani hukuman selama 5 tahun di penjara federal.


Setelah kevin mitnick bebas dari penjara federal, ia mendirikan Perusahaan keamanan siber untuk bisa membantu sebuah organisasi demi menjaga keamanan jaringan mereka.


Kesimpulan

Jadi, seperti itulah pembahasan mengenai pengertian hacker, jenis sampai dengan orang-orang yang sudah terkenal di dunia hacker.


Semoga kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diiginkan khususnya dari serangan hacker tersebut. semoga bermanfaat :)


Post a Comment