Apa Itu Server : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis & Cara Kerja

 Apa Itu Server : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis & Cara Kerja


Artikel Awdev kali ini akan membahas tentang Apa Itu Server : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis & Cara Kerja. Bagaimana Tertarik membaca? Silahkan baca dengan Bijak.

Daftar isi

Apa Itu Server ?

Fungsi Server

Manfaat Server

Mempermudah Kolaborasi

Menghemat Biaya

Meningkatkan Reliabilitas

Keamanan Data Terjamin

Jenis-jenis Server

1. Mail Server

2. Proxy Server

3. File Server

4. Application Server

5. Virtual Server

6. FTP Server

7. Web Server

8. Fax Server

9. Database Server

10. DHCP Server

Bagaimana Cara Kerja Server?

Kesimpulan

 

 

 Teknologi - Pastinya Anda sudah tidak asing mendengar isitlah server yang merupakan salah satu perangkat terpenting dalam sebuah jaringan komputer dan internet. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian server, manfaat sampai dengan jenis-jenisnya.


Tanpa harus basa-basi lagi, yuk langsung saja kita simak pembahasannya !


Apa Itu Server ?

Pengertian server adalah Pengertian Server adalah salah sebuah sistem komputer yang memiliki pelayanan khusus untuk program-program yang memang mampu menghasilkan informasi yang nantinya akan didistribusikan kepada komputer client agar bisa mengaksesnya.


Server menjadi salah satu contoh untuk menjalankan perangkat lunak yang bisa menerima perintah dari klien secara langsung yang nantinya komputer akan mengeksekusi perangkat lunak.


Fungsi Server

Secara sederhana, fungsi server yang utama adalah untuk melayani dan memiliki tanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien.


Selain daripada itu, server juga memiliki fungsi untuk mengatur berbagai hak akses yang nantinya akan masuk ke dalam jaringan yang dapat digunakan oleh komputer klien.


Manfaat Server

Lalu, apa saja sih manfaat server yang bisa Anda dapatkan? Simak penjelasan berikut.


Mempermudah Kolaborasi

Manfaat yang pasti Anda dapatkan adalah mudah memperoleh akses data dari perangkat manapun & lokasi dimanapun berada.


Dengan begitu, server bisa membantu dan meningkatkan produktivitas Anda dengan sangat baik.


Selain daripada itu, hal ini dijamin aman untuk dilakukan oleh Anda dan tim, mengapa ? Jawabannya adalah karena data tersebut sudah terenkripsi dengan amat baik. Dengan begitu, hanya orang-orang terntentu yang bisa mendaptkan aksesnya.


Menghemat Biaya

 Selain mendapatkan akses data dengan mudah, Anda juga akan menghemat biaya pengeluaran. Hal ini dikarenakan server bisa berbagi sumber daya, sehingga Anda bisa menghemat untuk membeli peralatan atau bahkan kebutuhan misalnya seperti printer, internet dan lain sebagainya.


Meningkatkan Reliabilitas

Jika nantinya terdapat gangguan teknis yang bisa menghambat pekerjaan Anda, Anda tidak perlu risau karena hal tersebut.


Nah, dengan adanya server, data Anda nantinya akan terpusat di komputer yang memang sudah mempunyai beberapa komponen yang cukup handal serta memiliki reliabilitas yang sangat tinggi.


Tentunya hal tersebut berbeda karena selalu mengandalkan perangkat komputer yang sudah tidak terkoneksi dalam suatu jaringan.


Jika nanti terdapat komputer yang mengalami masalah, sudah dipastikan Anda tidak dapat mengakses data & tidak bisa melanjutkan pekerjaan Anda sampai dengan perangkat tersebut diperbaiki.


Keamanan Data Terjamin

Dengan adanya data yang terpusat, Anda bisa melakukan percadangan sampai dengan pemulihan data dengan sangat mudah. Selain dari pada itu, layanan server juga senantiasa menawarkan keamanan fisik hingga digital yang dapat diandalkan.


Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari serangan virus ataupun dari pencurian data.


Jenis-jenis Server

Berikut ini adalah jenis-jenis server yang tersedia untuk Anda dapatkan.


1. Mail Server

Jenis pertama adalah mail server yang merupakan salah satu perangkat komputer yang sudah dibekali dengan software khusus.


Dengan begitu, mail server bisa mengirim pesan, menerima sampai dengan membuat dan mengatur akun email yang menggunakan ektensi domain.


Contohnya seperti Microsoft Exchange server, Zimbra dan lain sebagainya.


2. Proxy Server

Proxy Servers merupakan jenis dari servers yang cukup terkenal. Jenis server ini bisa dikatakan akan bertindak sebagai gerbang untuk menghubungkan Anda dengan web server.


Setiap kali Anda membuka web, request tidak bisa terhubung ke web server secara langsung, melainkan terlebih dahulu difilter oleh proxy server tersebut.


Oleh karena itu, jenis server proxy ini bisa membantu Anda untuk menelusuri internet dengan menggunakan alamat IP yang berbeda dan dapat meningkatkan speed atau waktu loading.


3. File Server

Jenis berikutnya adalah file server yang nantinya akan bertindak sebagai pusat penyimpanan file, seperti dokumen, gambar, sampai dengan video.


Beberapa data tersebut nantinya akan bisa akses oleh perangkat yang sudah terhubung kedalam jaringan. Pada jenis server ini, biasanya diterapkan di sekolah, perkantoran atau bahkan di rumah.


4. Application Server

Seperti yang sudah dijelaskan pada namanya, apllication server ini diciptakan khusus untuk memasang, menjalankan, sampai dengan menyimpan aplikasi.


Pada server ini nantinya Anda tidak perlu untuk mengaktifkan aplikasi di seluruh perangkat komputer. Selain itu, Anda juga bisa menghemat untuk penggunaan sumber daya.


Contohnya seperti WebLogic, WildFly & GlassFish.


5. Virtual Server

Virtual Server ialah teknologi virtualisasi yang dimana teknologi tersebut bisa membagi sumber daya sebuah server yang tadinya fisik menjadi beberapa bagian secara virtual.


Ketika Anda menggunakan server ini, Anda tidak perlu risau mengenai biaya serta pembagian sumber daya server Anda nantinya.


6. FTP Server

FTP ialah singkatan dari File Transfer Protocol ialah sistem yang dirancang agar dapat terhubung dengan server. Hal ini bertujuan agar pengguna bisa mendwonload dan mengupload file.


Server ini juga bisa dipakai untuk mengirim file yang memiliki ukuran cukup besar ke web hosting dan dapat terhubung dengan file server.


Selain itu, server ini juga menyediakan layanan pemindahan, download sampai dengan mengupload file dengan menggunakan jaringan internet.


7. Web Server

Web server merupakan perangkat komputer yang dapat menyimpan data website seperti dokumen HTML, JavaScript, gambar, video sampai dengan CSS Stylesheets.


Setelah itu, server ini akan memproses dan mengirimkan dokumen tersebut kepada pengguna yang mengakses website melalui browser.


Contoh web server yaitu seperti Apache, Nginx, GWS & LiteSpeed Web Server.



8. Fax Server

Dari namanya mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa fax server ini adalah komputer server yang memang dikhususkan untuk menanggapi berbagai kebutuhan Fax pada komputer klien.


Dengan demikian, kebutuhan penerima serta pengiriman facsimile dilakukan melalui server.


9. Database Server

Dilihat dari namanya server ini berfungsi untuk menyimpan dan mengolah data pada sebuah jaringan PC. Selain itu, database Server juga melayani permintaan klien seperti kegiatan insert, delete, update data dan lain sebagainya.


Server ini terbagi menjadi beberapa bagian, di antaranya :


Oracle Database

MySQL Database

Microsoft SQL Server

Dsb

10. DHCP Server

DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol ) merupakan server yang memiliki fungsi untuk mengatur dan memberikan alamat IP ke berbagai perangkat komputer klien secara otomatis.


Selain fungsi tersebut, DHCP juga akan melalukan pembaruan konfigurasi serta perubahan alamat IP yang sudah kadaluarsa atau bahkan perangkat portable yang berpindah lokasi.


Bagaimana Cara Kerja Server?

Secara sederhana, server bekerja dengan cara menjalankan fungsi yang sudah ditentukan atau disebutkan pada penjelasan sebelumnya.


Seperti dimulai dari tahap melayani permintaan data yang berasal dari klien sampai dengan memberi perlindungan kepada perangkat komputer klien.



Tetapi, hal ini tergantung pada jenis server yang digunakan karena jika jenis server tersebut berbeda, tentu saja server juga akan melayaninya dengan cara yang berbeda pula.


Kesimpulan

Jadi, seperti itulah pembahasan mengenai server. Dimulai dari pengertian server, fungsi, manfaat serta jenis-jenisnya. Btw, Anda paling sering menggunakan server jenis apa untuk kegiatan sehari-hari dalam dunia digital? :)

Post a Comment

We are

Providing Quality services for App. Business. Designing. Marketing. Portfolio.

We help business owners and startups better serve more clients through digital enabled tools and strategies that increase market reach. We specialize in serving business owners through our practical experience and passion.

Read More

Standard

  • 01 User
  • 01 Project
  • 01 Advisor Team
  • Complete Statistics
  • E-mail Support
$ 99 /Mon

Effectively Enhance Your Business following this Tutorial

We help business owners and startups better serve more clients through digital enabled tools and strategies that increase market reach. We speciliaze in serving business owners through our practical experience and passion.

Read More
Can i ask for discount?

Some content. Lorem ipsum, dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Voluptas, mollitia? Porro quod officia in non et aperiam ipsa ab sit nihil necessitatibus corrupti explicabo quam sapiente est culpa nostrum, nisi, optio dicta cumque eum cum a repudiandae. Aperiam, qui aliquid.

Will I get premium support?

Some content. Lorem ipsum, dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Voluptas, mollitia? Porro quod officia in non et aperiam ipsa ab sit nihil necessitatibus corrupti explicabo quam sapiente est culpa nostrum, nisi, optio dicta cumque eum cum a repudiandae. Aperiam, qui aliquid.

Accordion title 3

Some content. Lorem ipsum, dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Voluptas, mollitia? Porro quod officia in non et aperiam ipsa ab sit nihil necessitatibus corrupti explicabo quam sapiente est culpa nostrum, nisi, optio dicta cumque eum cum a repudiandae. Aperiam, qui aliquid.

Is BizTratus reliable?

Some content. Lorem ipsum, dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Voluptas, mollitia? Porro quod officia in non et aperiam ipsa ab sit nihil necessitatibus corrupti explicabo quam sapiente est culpa nostrum, nisi, optio dicta cumque eum cum a repudiandae. Aperiam, qui aliquid.

How to buy this Template?

Some content. Lorem ipsum, dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Voluptas, mollitia? Porro quod officia in non et aperiam ipsa ab sit nihil necessitatibus corrupti explicabo quam sapiente est culpa nostrum, nisi, optio dicta cumque eum cum a repudiandae. Aperiam, qui aliquid.

Accordion title 3

Some content. Lorem ipsum, dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Voluptas, mollitia? Porro quod officia in non et aperiam ipsa ab sit nihil necessitatibus corrupti explicabo quam sapiente est culpa nostrum, nisi, optio dicta cumque eum cum a repudiandae. Aperiam, qui aliquid.

We Offer A Variety Of Industry Specific Marketing Solutions

We help business owners and startups better serve more clients through digital enabled tools and strategies that increase market reach. We speciliaze in serving business owners through our practical experience and passion.

Try it free