Proxy Server : Pengertian, Cara Kerja & Jenisnya

4 min read

 Proxy Server : Pengertian, Cara Kerja & Jenisnya


Daftar isi

Apa itu Proxy Server?

Fungsi Proxy Server

Connection Sharing

Filtering

Caching

Manfaat Proxy Server

Privacy yang Terjaga

Menghemat Bandwith

Meningkatkan Kinerja Internet

Memblokir Situs Tertentu

Mempercepat Akses Internet

Cara Kerja Proxy Server

Jenis Proxy Server

Proxy Anonim (Anonymous Proxy)

High Anonymity Proxy

Proxy Transparan (Transparent Proxy)

Distorting Proxy

Reverse Proxy

Proxy Server Gratis

4everproxy

Proxysite

Hotspot Shield

Hide.me

Hidester

Kesimpulan

 

 

 awdev.eu.org , Teknologi - Penggunaan teknologi untuk melaksanakan aktivitas sehari – hari tentunya tidak menjadi hal yang jarang dilakukan. Sebab, berbagai aspek dalam kehidupan telah melibatkan teknologi.


Sehingga, tak jarang banyak produk teknologi yang beredar dan membuat kemudahan dalam berbagai sisi aktivitas.


Salah satu produk teknologi yang namanya sudah tidak asing didengar adalah proxy server.


Tentu saja, jenis produk teknologi ini sangat berperan penting dalam penggunaan teknologi dalam sehari – hari sehingga wajib Anda pahami secara detail.


Terutama bagi Anda yang memutuskan terjun ke dunia teknologi. Melalui artikel ini Anda akan mempelajari detail dari proxy server!


Apa itu Proxy Server?

Hal pertama yang wajib Anda ketahui adalah pengertian dari proxy server. Proxy server tersebut adalah sebuah program yang memiliki peranan reseptor antara pengguna internet atau intranet dengan database konten pada sebuah server.


Tentu saja, proxy server ini sangat akrab digunakan pada website – website atau aplikasi yang memungkinkan akses pada internet.


Apa itu proxy server

Fungsi Proxy Server

Setelah Anda mengetahui apa itu proxy server, berikut ini adalah fungsi dari proxy server yang wajib Anda ketahui dalam kehidupan berteknologi sehari – hari yang terdiri atas tiga fungsi utama:


Connection Sharing

Fungsi utama proxy server adalah sebagai connection sharing, yaitu jembatan (gateway) untuk menghubungi jaringan lokal dan jaringan ekstern lokal.


Sehingga, proxy ini membuat kegiatan aksesmu menjadi tidak terbatas selama masih dalam jangkauan proxy.


Filtering

Filtering merupakan fungsi proxy server yang berperan sebagai pelindung atau dikenal dengan firewall.


Pelindung ini dikhususkan dari berbagai jenis malware atau virus, atau serangan lain dari jaringan luar yang mungkin bisa menyerang jaringan internal.


Caching

Fungsi terakhir dari proxy server adalah caching, dimana caching berperan sebagai perekam atau database dari berbagai hal yang telah diakses pengguna internet dengan proxy server serupa.


Dengan fungsi ini, tentunya sangat mudah menemukan sesuatu yang sedang tren dicari oleh orang pada server tersebut.


Manfaat Proxy Server

Terdapat beberapa manfaat dari penggunaan proxy server, yakni dijelaskan sebagai berikut ini:


Privacy yang Terjaga

Disebabkan oleh begitu spesifik dan khususnya proxy server, memungkinkan serangan privasi atau virus – virus yang dapat merusak suatu software atau hardware yang digunakan oleh pengakses tidak mudah terserang.


Hal ini tentu saja menjaga privacy dari pengguna tersebut.


Menghemat Bandwith

Penggunaan bandwith atau batas penggunaan paket data akan lebih hemat jika memanfaatkan proxy server dalam pengaksesan internet.


Meningkatkan Kinerja Internet

Penghematan bandwith oleh proxy server ini ternyata juga memiliki manfaat dalam peningkatan kinerja internet semakin baik dan cepat.


Memblokir Situs Tertentu

Proxy server secara otomatis akan memblokir situs tertentu yang dirasa memiliki banyak serangan bahkan sejenis virus yang dapat merusak bagi pengakses.


Mempercepat Akses Internet

Proxy server dengan kualitasnya yang menghadirkan jaringan lokal dan jaringan luar tidak dapat diragukan lagi.


Hal ini termasuk ke dalam kecepatan dalam pengaksesan internet tersebut sehingga benar – benar meningkatkan kinerja internet.


Cara Kerja Proxy Server

Seperti jenis produk teknologi lainnya, tentu saja proxy server memiliki cara kerjanya tersendiri.


Berikut ini adalah cara kerja dari proxy server yang harus Anda pahami, terutama yang hendak terjun ke bidang teknologi.


Adapun cara kerja proxy server yaitu seorang pengguna internet akan mengakses server tersebut untuk meminta data, selanjutnya proxy server akan meneruskannya ke jaringan lokal atau jaringan luar.


Setelah mendapatkan data yang pas, maka proxy server akan merespon permintaan user internet tadi.


Tentunya, data yang diminta tersebut tidak bertolak belakang dan bersifat membahayakan sebab secara otomatis proxy server akan memblokir situs yang sekiranya berbahaya.


Oleh sebab itu, penggunaan proxy server ini sangat menjamin dalam segi keamanannya.


Jenis Proxy Server


Selain dari cara kerjanya, proxy server memiliki jenisnya masing – masing yang dapat memenuhi kebutuhan sang user atau pengakses internet dengan jaringan proxy tersebut.


Berikut ini adalah berbagai jenis dari proxy server yang wajib Anda ketahui:


Proxy Anonim (Anonymous Proxy)

Jenis proxy ini digunakan apabila seseorang ingin mengunjungi sebuah website secara anonym.


Dimana, alamat ip asli pengguna tidak akan terdeteksi hanya ip proxy nya saja sehingga sangat aman dalam menjaga privacy.


High Anonymity Proxy

Jenis proxy selanjutnya bersifat lebih rahasia dibandingkan dengan jenis proxy sebelumnya, dimana penggunaannya memungkinkan alamat ip asli dan ip proxy sang user internet tidak terdeteksi sama sekali.


Hal ini terjadi sebab penggunaan server proxy ini memanfaatkan REMOTE_ADDR


Proxy Transparan (Transparent Proxy)

Penggunaan proxy transparan umumnya digunakan dalam bidang perkantoran, dimana permintaan data pada internet tidak melibatkan terjadinya pertukaran data atau pengenalan data pengakses atau user internet yang meminta data tersebut.


Distorting Proxy

Distorting proxy merupakan jenis server proxy yang penggunaannya melibatkan pemalsuan proxy untuk menjaga identitas.


Dimana, Anda tidak perlu memberikan identitas ip mu sama sekali dengan mengubahnya menjadi alamat proxy baru. Hal ini bisa pula Anda memanfaatkan untuk mengakses konten yang diblokir atau terbatas pengaksesannya.


Reverse Proxy

Reverse proxy merupakan jenis proxy selanjutnya yang wajib Anda pahami.


Dimana, jenis proxy ini berperan dalam mencegah pengakses data membuka konten yang sensitive atau akses terbatas.


Proxy Server Gratis

Apabila mendengar kata gratis tentu saja kita semakin penasaran, tetapi dengan penggunaan proxy server gratis bagaimanakah itu?


Proxy server gratis ini tentu saja diciptakan memang gratis dan bebas akses oleh seluruh orang di seluruh dunia tanpa batas akses.


4everproxy

4everproxy merupakan jenis proxy server yang memiliki nama unik. Dimana, peran dari 4everproxy ini adalah jenis server yang memiliki jenis akses tak terbatas dan konten lengkap.


Sehingga, penggunaan server ini sering digunakan untuk melihat konten – konten yang tidak disediakan pada proxy umumnya.


Proxysite

Proxysite merupakan jenis proxy yang berperan sebagai perantara antar pengguna atau users ke sistem proxynya tersebut untuk mendapatkan data sesuai yang dibutuhkan oleh sang users.


Hotspot Shield

Hotspot shield merupakan jenis proxy yang digunakan untuk melindungi sang pengakses dari pelanggaran privasi, malware, atau penyadapan. Sehingga, jenis proxy ini sangat cocok untuk keamanan tinggi atau data rahasia.


Hide.me

Hide.me merupakan server yang merupakan proxy gratis dan dimanfaatkan untuk mengakses konten secara lengkap atau yang telah diblokir pada proxy – proxy lainnya.


Hidester

Hidester merupakan jenis proxy terakhir yang berperan sebagai proxy pelindung lainnya yang dapat dipilih untuk menjelajahi berbagai situs dengan tingkat keamanan tinggi.


Selain itu, jenis proxy ini juga termasuk kedalam proxy terpopuler di Indonesia.


Kesimpulan

Dari berbagai penjelasan di atas tentu saja Anda semakin memahami tentang apa itu proxy server, cara kerjanya, jenisnya, manfaatnya, hingga penggunaannya yang bersifat terlindungi sehingga memiliki jenis jangkauan tertentu.


Post a Comment